Blogger Widgets

Pojok Blog

Search This Blog

Followers

Kamis, 02 Juli 2015

MEMBUAT MOZAIK

Pengertian Mozaik
Menurut kamus besar Bahasa Indonesia, mozaik adalah seni dekorasi bidang dengan kepingan bahan kertas berwarna yang disusun dan ditempelkan dengan perekat (Depdiknas 2001,756).
Dari definisi mozaik tersebut dapat diuraikan pengertiannya, yaitu pembuatan karya seni rupa dua atau tiga dimensi yang menggunakan material yang dipotong-potong atau sudah berbentuk potongan kemudian disusun dengan ditempelkan pada bidang datar dengan cara di lem.
Mozaik yang kami buat ini bukan dari potongan kertas melainkan dari bahan biji - bijian. Mozaik Biji-bijian ini untuk anak usia Madrasah Ibtidaiyah/Sekolah Dasar khususnya Kelas 5, bahan-bahannya antara lain sebagai berikut:

Alat dan Bahan:
1. Biji-bijian atau bumbu masak (biji kacang hijau, jagung, padi, kedelai, beras merah, beras ketan hitam, kedelai, lamtoro, merica, atau ketumbar).
2. Lem (lem kertas atau lem kayu).
3. Pensil untuk membuat gambar pola.
4. Kertas HVS yang agak tebal atau kertas pola gambar yang sudah diprint dari komputer (misalnya: buah jeruk, burung, kupu-kupu, bebek, apel, bunga, mangga, mobil, atau gambar apa saja yang anak-anak suka).

Langkah- langkah Membuat Mozaik Biji :
1. Print gambar pola yang diambil dari internet. (misalnya: buah jeruk, burung, kupu-kupu, bebek, apel, bunga, mangga, mobil, atau gambar apa saja yang anak-anak suka) atau menggambar sendiri menggunakan pensil. Pilih mana yang lebih disukai oleh anak.
2. Olesi kertas berpola menggunakan lem.
3. Tempel biji-bijian pada pola yang telah dibuat dan diolesi lem tadi, sesuai dengan kreasi masing- masing anak (kombinasi warna dan jenis biji-bijian).
Berikut ini hasil kreasi mozaik dari anak-anak Kelas 5 SDN Randusanga Wetan 01 Kecamatan Brebes :

* Mozaik Biji Tema Tumbuhan (Buah dan Bunga) *

Biji-bijian yang dipakai adalah: Jagung, lamtoro basah yang masih berwarna hijau, dan Merica untuk membuat pola buah Jeruk jenis kesatu.
mozaik-1.jpg

Biji - bijian yang dipakai: Jagung dan lamtoro basah yang masih berwarna hijau, dan merica untuk membuat pola buah mangga.

mozaik-2.jpg

Biji - bijian yang dipakai: Jagung, lamtoro basah, beras merah dan merica untuk membuat pola bunga jenis kesatu.

mozaik-3.jpg

Biji-bijian yang dipakai : Jagung, lamtoro basah, beras merah, dan merica untuk membuat bunga jenis kedua.

mozaik-4.jpg

Biji - bijian yang dipakai: Jagung, lamtoro basah, dan merica untuk membuat pola gambar jeruk jenis kedua.

mozaik-5.jpg

Biji - bijian yang dipakai: Beras Merah, lamtoro hijau, dan merica untuk membuat pola gambar apel.

mozaik-6.jpg
Demikian postingan mengenai cara membuat mozaik, Selamat mencoba dan mengajarkannya untuk anak - anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengunjung